Selasa, 11 April 2023

Renungan 09 - 15 April 2023 (Bina Remaja)

Pembacaan   : Markus 16:1-8
Tema             : Yesus Sudah Bangkit, Percayalah!

    Shalom! Damai di hati. Adik-adik remaja dan kakak-kakak pembina yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus, selamat Paskahl Yesus sudah bangkit, Percayalah! Remaja harus percaya bahwa Yesus sudah bangkit. Haleluyah. Paskah adalah perayaan yang sangat penting bagi umat Kristiani. Ibadah dan berbagai kegiatan dilaksanakan untuk menghayati makna kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, Tuhan Juruselamat dunia. Bagaimana kegiatan Paskah di gereja di mana anda berada? Penuh semangat? Ayo, tetap semangat!

    Paskah (bahasa Ibrani "Pesakh") artinya melewatkan atau melewati. Keluaran 12:13 Firman Tuhan, apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat daripada kamu...". Tulah kematian anak sulung bagi Israel tetapi setiap rumah yang memiliki tanda darah domba akan di-pesakh-kan, akan dilewati oleh Tuhan atas hukuman maut. Jadi siapa yang memiliki tanda darah domba akan selamat. Karena itu Paskah Yahudi dirayakan sampai saat ini. Sedangkan umat Kristen yang merayakan Paskah bukan lagi tanda darah domba binatang tetapi darah Anak Domba Allah. Siapa yang memiliki darah penebusan Yesus Kristus artinya yang percaya kepada Tuhan Yesus maka ia di-pesakh-kan Tuhan, ia dilewati oleh maut artinya ia selamat dan memperoleh hidup kekal. Mestinya manusia binasa karena dosa. "Tetapi syukur kepada Allah yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus Tuhan kita" (1 Kor. 15:57).

    Adik-adik remaja dan kakak-kakak Pembina yang diberkati Tuhan, bagaimana peristiwa kebangkitan Yesus itu terjadi? Dan apakah benar terjadi? Sejuta pertanyaan meragukan kebangkitan Yesus menjadi tantangan kita umat Kristiani. Remaja gereja harus berani bersaksi bahwa Yesus Kristus bukanlah raja biasa tapi Raja di atas segala raja yang mati, tetapi bangkit dan hidup. Kebangkitan Kristus bukanlah cerita dongeng tetapi cerita iman berdasarkan Alkitab. Injil Markus 16:1-8, Matius 28:1-10, Lukas 24:1-12, Yohanes 20:1-10 adalah bukti yang autentik, dapat dipercaya, asli atau sah. Bukti yang tidak dapat diragukan. Saksi pertama kebangkitan Yesus jalah para perempuan yaitu Maria Magdalena, Maria Ibu Yakobus, Salome dan perempuan- perempuan lainnya. Tujuan pagi-pagi benar ke kubur adalah untuk merempah-rempahi Yesus dan meminyaki-Nya, tetapi hal yang dijumpai adalah kubur kosong. Mareka terkejut dan sangat ketakutan tetapi malaikat Tuhan berkata Jangan takutt Kamu mencari orang Nazaret yang disalibkan itu? la telah bangkit la tidak ada di sini Kubur kosong membuktikan la hidup Yesus berkata, "Akulah kebangkitan dan hidup. barangsiapa percaya kepada-Ku ia akan hidup walaupun ia sudah mati dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku tidak akan mati selama-lamanya Percayakah engkau akan hal ini? (Yoh 11 25-26)

    Adik-adik remaja dan kakak-kakak Pembina yang diberkati Tuhan. percayakah engkau akan hal ini? Yakinkah kita bahwa yang diucapkan Yesus itu benar-benar terjadi? Dan bahwa kita mengakui benar bahwa peristiwa kebangkitan Yesus benar-benar terjadi? Katakanlah sekarang. "Aku percaya, Yesus bangkit dan hidup. Murid-murid Yesus sempat meragukan peristiwa ini, mereka ragu, bimbang dan diliputi ketakutan Karena itu malaikat Tuhan berkata kepada perempuan-perempuan itu, Sekarang pergilah, katakan kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus la mendahului kamu ke Galilea di sana kamu akan melihat Dia seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu" (ayat 7). Dengan cepat mereka meninggalkan kubur itu dan pergi menyampaikan pesan malaikat kepada murid-mund Yesus Situasi kondis saat kebangkitan Yesus sangat dahsyat, terjadi gempa bumi yang hebat, malaikat Tuhan datang menggulingkan batu kubur itu. Benita kebangkitan Yesus disampaikan kepada para murid namun mereka belum percaya perkataan-perkataan itu, seakan-akan omong kosong. Mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu (Lukas 24 11). Para murid datang ke kubur untuk membuktikannya dan ternyata benar kubur telah kosong...maka masuklah juga murid yang lain yang lebih dahulu sampai ke kubur itu dan ia melihatnya dan percaya" (Yoh 20:8). Maka tersiarlah berita kebangkitan Yesus, berita yang kudus ini oleh Yesus sendiri dengan perantara murid- murid-Nya dari timur ke barat yaitu berita yang tidak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal.

    Adik-adik remaja dan kakak-kakak Pembina yang diberkati Tuhan. Melalui perayaan Paskah kita diajak untuk Pertama, Percaya dan yakin bahwa sungguh benar Yesus Kristus Anak Allah bangkit dan hidup. Sembahlah Dia, sumber hidup yang kekal. Kedua, jadilah saksi kebangkitan Kristus melalui cara hidup berakar, bertumbuh dan berbuah bagi Kristus. Yang ketiga, saat remaja diliputi ketakutan, kesedihan, sarat pergumulan, tertindih seolah tak berdaya, putus asa, bimbang dan ragu, maka janganlah kamu takut. Ayo bangkit! Engkau tidak sendiri, Allah peduli. Dia yang kita percaya, Yesus Kristus yang bangkit adalah kekuatan kita. Karena itu jangan hanya melihat Yesus dari jauh, akan kabur dan tidak jelas penglihatan kita seperti kata perempuan-perempuan, "siapa yang akan menggulingkan batu itu? Padahal setelah mendekat ternyata batu kubur itu sudah terguling. Kita sering berkata, "sapa mo tolong akang kasiang pa kita dengan batu penderitaan ini"? Tetapi ketika mendekat, mencari Tuhan Yesus yang bangkit, kita bersyukur dan berucap, terima kasih Tuhan Yesus yang telah menolong saya". Percayalah, pada Yesus Kristus, kamu akan beroleh hidup kekal. Amin.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More