Sabtu, 25 Februari 2023

Renungan 26 Feb - 04 Mar 2023 (Bina Remaja)

Pembacaan    : Mazmur 41 : 1-14
Tema             : Sahabat Karib Yang Berkhianat

Adik-adik remaja dan kakak-kakak pembina yang diberkati Tuhan, ada ungkapan tua, "ada uang abang sayang, tidak ada uang abang melayang". Ungkapan ini artinya hubungan cinta 'matre' dan bukan atas dasar cinta kasih yang tulus dan murni. Kita diperhatikan, disanjung dan disayangi ketika kita hebat, pintar, kaya, tampan, cantik dan lain sebagainya. Hal ini sangat manusiawi, karena kecenderungan manusia pada umumnya tidak ingin susah, dilecehkan, disisihkan, diabaikan, dijelekkan tapi ingin hidup senang, dipuji, disanjung dan diperhatikan. Hubungan cinta 'matre' sangat rapuh. Banyak hubungan cinta 'matre' yang berlabuh dalam pernikahan ambruk dan bercerai ketika kehidupan menjadi susah, miskin, menderita. Ada pasangan menjalin hubungan cinta terlarang demi uang. Ada juga mencari kepuasan dengan yang lebih baik; tampan, cantik dan memberi kenikmatan. Hubungan cinta atas dasar 'matre' selalu berakibat kehancuran, sengsara dan penderitaan.

Adik-adik remaja dan kakak-kakak pembina yang dikasihi Tuhan Yesus, Raja Daud adalah raja yang paling hebat dan diberkati Tuhan Allah sepanjang sejarah bangsa Israel. Ada yang mengatakan raja Salomo. Tidak! Jika kita mencermati Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, nama raja Daud disebut paling banyak. Seratus delapan belas kali. Yesus Kristus disebut turunan raja Daud. Bukan Salomo. Akan tetapi putra sulungnya yang dimanja dan disayangi yaitu Absalom dan penasihatnya yang dipercaya, Ahitofel meninggalkannya dan mengkhianatinya. Mereka berdua ingin merampas kedudukan raja Daud dan menginginkannya cepat mati. Dalam keadaan yang terpuruk dan terancam, banyak sahabat dekatnya yang diberi kedudukan telah berpihak kepada Absalom dan Ahitofel. Karena hidupnya terancam baik oleh karena penyakit maupun ancaman kudeta, maka raja Daud melarikan diri dari istana raja. Kemana ia melarikan diri? Satu-satunya yang raja Daud percaya dan andalkan hanyalah pertolongan Tuhan Allah. Ia melarikan diri dan berdoa memohon pertolongan Tuhan Allah.

Adik-adik remaja dan kakak-kakak pembina yang dikasihi Tuhan Yesus. di hadapan Tuhan Allah, raja Daud mengaku dosa dan memohon pengampunan, penyembuhan dan pertolongan. Ia bertobat dan hanya mengandalkan pertolongan Tuhan Allah. Dalam pelariannya.ternyata yang membantu dan menolongnya adalah rakyat lemah dan miskin yang pernah ia bela, tolong dan perhatikan. Karena itu ia menuliskan pengalamannya dalam syair Mazmur 41:2-3. "Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka. TUHAN akan melindungi dia dan memelihara nyawanya, sehingga ia disebut berbahagia di bumi: Engkau takkan membiarkan dia dipermainkan musuhnya!" Perbuatan baik menolong sesama yang membutuhkan pertolongan dan bantuan tanpa pamrih adalah nilai etis yang diajarkaņ oleh Yesus Kristus. Perbuatan baik dan integritas hidup raja Daud telah menyelamatkannya dari ancaman kudeta dan kesembuhan penyakitnya. “Engkau menopang aku karena ketulusanku. Engkau membuat aku tegak di hadapan-Mu untuk selama-lamanya." Dalam bahasa asli Yunani ketulusan sama artinya dengan integritas. Integritas adalah satu kata dan perbuatan. Apa yang diucapkan bibir datang dari hati yang tulus.

Adik-adik remaja dan kakak-kakak pembina yang dikasihi Tuhan Yesus, masa remaja adalah masa pancaroba. Masa transisi menuju kedewasaan, Pasti banyak gejolak dalam diri yang sedang mencari jati diri. Idolakanlah kasih Yesus Kristus dalam menjalin hubungan dengan rekan, sahabat, saudara. Kasih Yesus Ktistus adalah kasih agape. Kasih agape adalah seperti dalam 1 Korintus 13:4-7 "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. ”Siapa yang mau jadi pengkhianat bagi rekan, sahabat atau saudara kita? Tentu tidak ada bukan! Milikilah kasih agape. Karena kasih agape adalah kasih yang tidak menjadikan kita pengkhianat tapi menjadikan kita sebagai kawan dan sahabat yang setia baik waktu susah maupun waktu senang. Berdoa selalu meminta pertolongan Tuhan Allah supaya kita boleh memiliki kasih agape. Selalu berbuat baik menolong rekan, sahabat, teman sesuai kemampuan kita. Tuhan Allah akan memperhitungkan  sebagai kebenaran dan membahagiakan mereka yang ditolong serta membahagiakan kita. Amin.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More